Pengikut

Selasa, 03 November 2015

Pemuda Jepara ini ubah sampah drum jadi uang ratusan juta Rupiah

Tak selamanya sampah selalu menjadi masalah. Di tangan orang-orang kreatif, sampah bisa menjadi uang ratusan juta Rupiah.

Salah satunya dilakukan oleh wirausahawan asal Jepara, James, yang membuka usahanya bernama Vintage and Recycled Iron. Wirausahawan muda ini sukses menyulap drum bekas menjadi produk rumah tangga dan mebel.

Usaha yang dirintisnya sejak enam tahun lalu ini, bermula dari kejeliannya melihat peluang usaha dari drum-drum bekas yang teronggok di sekitar tempat tinggalnya.

"Awalnya di dekat lokasi saya tinggal di Yogya banyak drum bekas dan besi-besi lainnya yang tidak terpakai. Lalu saya kembangkan, tujuannya juga untuk mengurangi sampah," ujarnya kepada Selasa (17/3).

Dengan keahlian yang dimilikinya dalam memotong, menyambung dan membentuk bagian-bagian dari limbah drum bekas serta ditambah dengan paduan warna dan aksesoris, membuat penampilan produk drumnya semakin cantik dan mempesona.

Demi keberlanjutan usahanya, James menggandeng pemulung setempat untuk kepastian ketersediaan bahan baku. "Kami juga bekerja sama dengan pemulung-pemulung sekitar rumah produksi. Setiap minggunya selalu dipasok, tapi tidak bisa dirata-rata berapa drumnya," jelasnya.

James rata-rata menjual produknya dari harga Rp 180.000 hingga Rp 4 juta. Dia bercerita, untuk memulai bisnis ini tidak mahal. Cukup bermodal di bawah Rp 10 juta.

Kini James telah mampu menghasilkan uang sekitar Rp 120 juta per bulan dari menjual produk drum bekasnya. "Dalam satu bulan omzet sekitar Rp 100 juta sampai Rp 120 juta," jelasnya.

Tidak ada komentar: